Sunday, December 1, 2013

NKRI ( Negara Kesatuan Republik Indonesia )

This is My Country
Jika berbicara tentang Negara, maka salah satu Negara yang tidak boleh dilewatkan adalah Indonesia.  Mengapa demikian? Apa sih itu Indonesia? Dimanakah letak Indonesia? Hal apa yang ada di Indonesia sehingga tidak boleh dilewatkan??? Pentingkah Indonesia bagi dunia??? Ok, disini Oretor akan mencoba menjawab semua pertanyaan diatas dan menjelaskan What is Indonesia? Hal pertama yang ingin kukatakan pada kalian semua adalah Indonesia adalah Negaraku, Aku dilahirkan dan dibesarkan di Indonesia, Aku sangat cinta Indonesia, Aku sangat bangga menjadi Bangsa Indonesia, Hidup dan Mati ku hanya untuk Indonesia, I LOVE YOU INDONESIA!!!

Jadi buat kalian semua yang lahir di Indonesia, yang bernafas di Indonesia, yang menjadi warga negara dan bangsa Indonesia yang tidak mencintai Indonesia ( Indonesia Haters) segeralah bertobat. Jika tidak bertobat WTF for You / Shut Em Up !!! Orang luar saja bisa mencintai bahkan sangat mencintai Indonesia, Mengapa kalian tidak bisa???

Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara di Asia Tenggara, yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.984 pulau, Nama alternatif yang biasa dipakai adalah Nusantara. Dengan populasi sekitar sebesar 260 juta jiwa pada tahun 2013, Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia, sekitar 230 juta meskipun secara resmi bukanlah negara islam. Bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik, dengan Dewan Perwakilan Rakyat , Dewan Perwakilan Daerah dan Presiden yang dipilih langsung.
Ibu kota negara ialah Jakarta. Indonesia berbatasan darat dengan Malaysia di Pulau Kalimantan, dengan Papua Nugini di Pulau Papua dan dengan Timor Leste di Pulau Timor (mantan bagian provinsi dari indonesia). Negara tetangga lainnya adalah Singapura, Filipina, Australia, dan wilayah persatuan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India.

Kata Indonesia berasal dari kata dalam bahasa Latin yaitu Indus yang berarti Hindia dan kata dalam bahasa Yunani nesos yang berarti pulau. Jadi, kata Indonesia berarti wilayah Hindia kepulauan, atau kepulauan yang berada di Hindia, yang menunjukkan bahwa nama ini terbentuk jauh sebelum Indonesia menjadi negara berdaulat.

 Adapun yang menjadi ciri khas atau jati diri Negara Indonesia adalah :
1. Lambang Negara Indonesia adalah Garuda Pancasila
2. Semboyan Negara Indonesia adalah Bhinneka Tunggal Ika
3. Ideologi Negara Indonesia adalah Pancasila
4. Bahasa Negara Indonesia adalah Bahasa Indonesia
5. Bendera Negara Indonessia adalah Bendera Merah Putih
6. Lagu Kebangsaan Negara Indonesia adalah Indonesia Raya

Negara Kesatuan Republik Indonesia sangat penting bagi dunia karena Indonesia merupakan Negara yang sangat kaya akan Sumber Daya Alam sehingga banyak negara lain yang menginginkan Indonesia. Hal ini terbukti ketika masa penjajahan sedang terjadi dimana banyak negara yang menjajah Indonesia seperti : Portugis, Spanyol, Inggris, Jepang, dan Belanda. Melihat keadaan tersebut bangsa Indonesia tidak hanya tinggal diam saja, melainkan melakukan perlawanan dan berperang melawan penjajah untuk mempertahankan NKRI. Perlawanan yang dilakukan tersebut pun tidak sia-sia, melainkan membuahkan hasil yang membanggakan sehingga tepat pada tanggal 17 Agustus 1945 bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya. Oleh karena peristiwa tersebut kini Negara Indonesia sudah genap 68 tahun menjadi Negara yang Merdeka bebas dari penjajahan.

 Letak Indonesia yang sangat strategis yaitu berada tepat digaris khatulistiwa menjadikan Indonesia sangat penting bagi dunia. Dunia International sudah sepakat Indonesia menjadi paru-paru Dunia.

Negara Kesatuan Republik Indonesia berbentuk Republik dan memiliki sistem pemerintahan Presidensial dimana Presiden dipilih secara langsung oleh masyarakat dalam pemilihan umum untuk memimpin dan memerintah Negara Indonesia. Indonesia telah mempunyai 6 ( Enam ) orang Presiden yang dapat dilihat dalam link Oretan Oretor tersebut ini http://lubispudan.blogspot.com/2013/11/who-is-next-mr-p-presiden.html.

Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia memiliki keanekaragaman dalam segala aspek bidang kehidupan. Tetapi meskipun Indonesia Multiculture, Multietnis, Multiagama, dan Multi yang lainnya. Indonesia tetap bisa bersatu karena memiliki semboyan pemersatu bangsa yaitu Bhinneka Tunggal Ika dan Ideologi bangsa yaitu Ideologi Pancasila.

Berikut ini Keanekaragaman Indonesia :.

1. Agama



2. Budaya

 



3. Suku 


" Inilah Indonesiaku, Inilah Negaraku, I Love Indonesia, Merdeka, Merdeka !!! "

6 comments:

  1. Negeri Indonesia adalah negeri besar yang tiada duanya di bumi ini. Negeri dengan kekayaan alamnya yang melimpah, ribuan pulau, dihuni ratusan suku bangsa, berbagai agama, budaya, bahasa, dan lainnya. Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdiri atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa itu disandarkan pada tauhid sebagaimana tercantum dalam UUD 1945 Pasal 29 ayat 1 yang berbunyi 'Negara berdasar atas Ketuhanan yang Maha Esa'. Adakah negara lain di dunia ini yang disandarkan pada tauhid ? Adakah negara di dunia ini yang mempunyai Pancasila Dasar Negara dan Pembukaan UUD 1945 yang baiknya melebihi Indonesia ? Luar biasa. I love Indonesia. Negeri yang aman, tenteram, rukun, damai, dan sejahtera. Jayalah Indonesia!

    Salam cemerlang!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener itu mas Herdoni. .
      pokoknya Indonesia the best ever forever. .
      tidak ada lawan, yg penting Sumber Daya Manusianya yg harus segera diperbaharui. .
      setuju, Indonesia berdasarkan Ketuhanan yang Maha Esa. .:)

      Delete
  2. yang penting bhineka tunggal ika ya gan, berbeda-beda tapi ya tetap Indonesia...nais gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya gan. . Bhinneka Tunggal Ika.
      berbeda-beda tetap satu.
      Indonesia memang kerennn. .:)

      Delete
  3. keyeeennnnnn, kita harus berbangga hati dengan indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. ea keyenn bnget mas. .
      aku dan kamu bangga menjadi anak Indonesia. .:)

      Delete